DKI Jakarta – Wakil Menteri Kondisi Keuangan Kreatif/Wakil Kepala Badan Sektor Bisnis Kreatif (Wamenekraf/Wakabekraf) Irene Umar mengapresiasi pengaktifan Global Game Jam (GGJ) 2025 kemudian membantu gim buatan lokal untuk mendunia.
"Ini sesuatu yang dimaksud sangat spesial. Saya tahu persis seperti apa para pejuang ekraf yang digunakan mempunyai kepintaran terhadap gim dapat menumbuhkan semangat lebih banyak besar untuk memproduksi media gim lokal makin dikenal,” ujar Wamenekraf Irene pada keterangan pers yang dimaksud diterima, Hari Jumat (24/1).
Wamen Irene mengemukakan sudah ada tidak zamannya lagi memandang gim sebagai kegiatan yang tersebut membuang-buang waktu, justru dewasa ini pangsa gim, apalagi buatan lokal, harus didorong untuk mendunia.
Dalam kunjungan kerjanya itu, Wamenekraf Irene didampingi Kasubdit Pemasaran lalu Komersialisasi Gim Kemenekraf Iman Argiyono. Wamenekraf Irene mengumumkan Indonesi terus-menerus dilihat sebagai market yang sangat besar untuk pengembangan gim ke depan. Gim-gim lokal harus mulai diciptakan sehingga ekosistem meningkat serta makin kuat dari sisi kreativitas kemudian perubahan tanpa batas.
Kemenekraf sangat mengupayakan subsektor ekraf gim dengan penempatan game corner dalam Bandara Soekarno-Hatta dan juga pengalaman menyenangkan bermain PlayStation ketika menjadi tamu ke Artotel yang berubah jadi alternatif pilihan pada waktu liburan.
"Main gim itu sanggup melatih fokus. Hal ini waktunya kita bisa jadi showcase buat gim lokal agar sejumlah pemukim yang dimaksud mau main gim. Global Game Jam 2025 berubah menjadi acara bareng yang seru untuk share ide tentang gim yang tersebut akan dibuat prototipenya dan juga regenerasi talenta kreatif dari area akan segera berkembang. Dari sini, kegiatan ekonomi kreatif bertambah dan juga bisa jadi jadi penggerak bangsa," imbuh Wamenekraf Irene.
GGJ merupakan event tahunan berskala global yang digunakan mempertemukan para pengembang gim dari beragam latar belakang untuk menciptakan gim di waktu terbatas selama 48 jam. Partisipan akan membentuk pasukan dengan tema yang digunakan ditentukan.
Rangkaian acara dimulai dari matchmaking hingga berakhir prototyping. Tahun ini, GGJ dilaksanakan di 12 kota, termasuk Bogor.
GGJ 2025 bermetamorfosis menjadi event seperti hackathon untuk mencari prospek game developer kemudian membuka kesempatan pengembangan gim lokal pada Bogor.
Para partisipan akan kolaborasi untuk tukar ilmu dan juga pengalaman terkait gim lokal lalu harus menimbulkan gim pada waktu singkat sesuai tema yang digunakan diusung tahun ini yaitu BUBBLE.
Pada momen inisiasi GGJ juga dijalankan serah terima katalog atau buku terkait kemungkinan gim lokal yang mana akan membuka subsektor sektor ekonomi kreatif khususnya pengembang permainan untuk menghasilkan kembali gim berkualitas.
Rispiaga sebagai Kepala Area Industri Perjalanan Provinsi Jawa Barat mengemukakan harapannya para komunitas atau partisipan yang bergabung Global Game Jam 2025 sanggup semangat setelahnya dapat insight baru dari Wakil Menteri Perekonomian Kreatif yang digunakan berpengalaman pada pengembangan gim lokal.
"Ini sebagai bentuk aktivasi dengan konsep pentahelix untuk mengembangkan lapangan usaha gim pada Indonesia. Apalagi acara ini diwujudkan di dalam Bogor Creative Center yang juga dikelola secara langsung oleh komunitas sehingga semua pihak mampu berkolaborasi memperluas jejaring dan juga mendapat pengalaman berharga," katanya.
Artikel ini disadur dari Apresiasi Wamenekraf demi gim lokal makin dikenal