JAKARTA – Sudah menyalip pelanggan Mercedes Benz pada pangsa mobil mewah di dalam Indonesia, BMW Indonesia ternyata justru tiada berhenti berinovasi. Yakni, melakukan konfirmasi konsumen mendapatkan pengalaman premium di hal purnajual.
Terbaru, BMW Indonesia berkolaborasi dengan BMW Ultima meresmikan Body & Paint Training Center pertama di tempat Asia Tenggara. Mereka juga memperluas jaringan Body & Paint resmi di dalam 2025, juga merilis layanan BMW Remote Diagnosis (RITA).
Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia juga akan memperluas jaringan Body and Paint Center di area seluruh Indonesia. Dimulai dari BMW Ultima sebagai pusat perbaikan Body and Paint pertama serta terbesar pada Indonesia, saat ini BMW hadir lebih banyak dekat dengan pelanggan di dalam DKI Jakarta Timur (Pulo Gadung), Surabaya, kemudian Medan.
“Ini tidak sekadar bengkel—melainkan tempat di dalam mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW lalu MINI dengan ketelitian lalu perhatian yang mirip seperti ketika pertama kali dirakit,” kata Peter.
BMW Ultima: Pionir Layanan Purna Jual Premium
.jpg)
BMW Ultima diresmikan pada Maret 2022 sebagai sarana perbaikan lalu pengecatan BMW serta MINI dengan standar tertinggi di dalam Indonesia. BMW Ultima menggunakan teknisi tersertifikasi, peralatan diagnostik terbaru, serta suku cadang asli BMW juga MINI, dengan akreditasi secara langsung dari BMW AG, Munich.
Pada 2023, BMW Ultima memperluas layanannya sebagai BMW Classic Partner—yang pertama pada Asia serta salah satu dari hanya sekali 118 di tempat dunia. Status ini menegaskan komitmen BMW Ultima pada memberikan layanan restorasi dan juga servis premium untuk kendaraan klasik BMW, dengan pengaplikasian BMW Original Parts.
BMW Ultima meluncurkan acara BMW Assurance pada Juni 2024, bekerja identik dengan mitra asuransi untuk memberi perbaikan lalu pengecatan berkualitas tinggi bagi pelanggan BMW lalu MINI.
Selain BMW juga MINI, BMW Ultima juga melayani merek kendaraan premium lainnya. Lokasinya ada di dalam Jl. Ciater Raya No.28A, Serpong, Tangerang Selatan, BMW Ultima dapat menangani hingga 20 kendaraan sekaligus.
BMW Group Training Center

Seiring dengan perluasan jaringan Body and Paint Center, BMW Group Indonesia juga menyiapkan tenaga kerja spesialis untuk mempertahankan standar tinggi BMW. Untuk itu, BMW Group Training Center pertama di dalam Asia Tenggara diresmikan, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.
“Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen kami untuk mengembangkan sumber daya lokal juga menjamin bahwa setiap teknisi yang digunakan menangani kendaraan BMW atau MINI sudah pernah menerima pelatihan berstandar internasional,” jelas Peter.
Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima, menambahkan bhawa BMW Ultima menjadi satu-satunya Approved Body & Paint Center dalam Indonesia. “BMW Group Training Center juga pertama di dalam Asia Tenggara juga berlokasi pada Indonesia,” ungkapnya.
“Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran dengan segera (hands-on), menggunakan peralatan serta perlengkapan yang dimaksud serupa seperti yang digunakan digunakan pada pusat layanan resmi BMW,” kata Rudy.
BMW Remote Diagnosis Service (RITA): Teknisi BMW di area Ujung Jari
Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia, menjelaskan kegiatan Ramadan BMW dan juga terobosan baru di dalam bidang purna jual, yaitu BMW Remote Diagnosis Service (RITA).
RITA adalah layanan yang digunakan memungkinkan teknisi BMW terhubung segera ke kendaraan Anda dari jarak sangat jauh untuk mengakses data diagnostik secara instan.
“Ketika lampu peringatan serius menyala atau terdengar pernyataan yang tidaklah biasa, RITA memungkinkan teknisi kami untuk terhubung segera ke kendaraan Anda dari jarak terpencil dan juga mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel,” jelas Mahalingam.
Baca Juga: Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care
Kemampuan RITA:
– Membaca instruksi Check Control lalu melakukan pemesanan suku cadang jikalau diperlukan.
– Menemukan pemicu permasalahan pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel.
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh.
– Memberikan panduan segera apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai.
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktualkendaraan.