Cara Aktifkan Kembali Rekening Bank yang Diblokir PPATK

Cara Aktifkan Kembali Rekening Bank yang Diblokir PPATK

Jakarta – Pusat Pelaporan kemudian Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap ada puluhan ribu account yang teridentifikasi sebagai hasil dari praktik jual beli akun yang mana digunakan untuk deposit perjudian online.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan, akun milik pemukim lain juga ditemukan secara masif digunakan untuk menampung dana hasil tindakan pidana penipuan, perdagangan narkotika, juga beraneka kejahatan lainnya.

“Pada tahun 2024 terdapat lebih tinggi dari 28.000 akun yang berasal dari jual beli account yang mana digunakan untuk deposit perjudian online,” kata Ivan, disitir Selasa (20/5/2025).

Ivan menegaskan bahwa pemakaian account dormant yang mana dikendalikan oleh pihak lain berubah menjadi salah satu modus yang digunakan rawan disalahgunakan di aktivitas ilegal.

Sebagai informasi, Dormant merupakan Istilah perbankan yang tersebut digunakan untuk menggambarkan akun bank yang mana sudah ada lama bukan ada transaksi, seperti penarikan, penyetoran, atau transaksi pada periode tertentu.

PPATK mengungkapkan pelanggan yang tersebut terdampak penghentian sementara ini kekal miliki hak penuh menghadapi dana yang dimaksud dimiliki kemudian dapat mengajukan permohonan reaktivasi melalui cabang setiap bank dengan memenuhi prosedur yang mana ditetapkan.

Lantas, bagaimana langkah mengaktifkan kembali account yang tersebut diblokir PPATK?

1. BRI

Rekening BRI akan otomatis berstatus dormant atau pasif apabila bukan ada operasi apa pun pada 180 hari, tanpa memandang nominal saldo.

Artinya, pengguna yang bukan melakukan proses apapun, satu di antaranya kredit juga debit selain biaya admin tabungan kemudian kartu selama 180 hari, akan berubah status rekeningnya berubah jadi dormant.

Mengutip laman resmi BRI, apabila account berubah status berubah menjadi dormant Anda dapat melakukan re-aktivasi tabungan dengan datang ke unit kerja BRI terdekat.

Anda mampu menghadirkan identitas dan juga bukti kepemilikan tabungan ketika akan melakukan re-aktivasi rekening.

Adapun barang tabungan yang mana akan mengalami waktu dormant berubah menjadi 180 hari satu di antaranya tabungan BRI Simpedes, tabungan BRI Simpedes BISA, tabungan BRI Simpedes Usaha, tabungan BRI BritAma Umum, tabungan BRI BritAma Bisnis, tabungan BRI BritAma Prioritas, tabungan BRI BritAma Mitra, tabungan BRI BritAma DHE, tabungan BRI Junio

2. BNI

Bagi klien BNI, apabila account tabungan Anda telah masuk kategori dormant, Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan enteng melalui beberapa cara.

Mengutip laman resmi BNI, Anda sanggup datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan menyebabkan kartu identitas dan juga lakukan proses setoran atau pengunduran di dalam cabang BNI. Setoran minimal yang mana harus dijalankan adalah Rp100.000.

Sementara, untuk mengetahui status account pasif bisa jadi menghubungi BNI Call di 1500046.

3. Bank Mandiri

Nasabah Bank Mandiri dapat mengajukan permohonan aktivasi tabungan dormant melalui program mobile banking (m-banking) Livin’ by Mandiri bagi pelanggan yang mana sudah ada mengunduh juga mempunyai akun.

Untuk mengaktivasi account dormant Bank Mandiri, pelanggan mengakses halaman beranda aplikasi mobile Livin’ by Mandiri.

Lalu, pilih tabungan yang digunakan tak aktif, tekan tombol “Aktivasi Sekarang”. Kemudian lakukan verifikasi wajah dengan cara swafoto (selfie). Pastikan kedudukan wajah di pada bingkai serta tunggu hingga verifikasi berhasil.

Kemudian, pelanggan akan diminta memasukkan enam digit PIN Livin’ by Mandiri. Kemudian pelanggan diminta melakukan minimal satu kal operasi untuk aktivasi account pada hari yang dimaksud mirip sebelum 22.59 Waktu Indonesia Barat di dalam Livin’ by Mandiri maupun channel lainnya.

Bagi klien yang mana gagal aktivasi akun dorman di dalam Livin dapat melakukan aktivasi account dormant pada cabang.

4. Maybank

Jika account MaybankAnda sudah berubah status berubah menjadi dormant, ada beberapa langkah yang digunakan dapat dikerjakan untuk mengaktifkannya kembali.

Pertama, pengguna bisa saja datang segera ke cabang bank terdekat dengan menghadirkan identitas diri dan juga buku tabungan (jika ada) untuk rute aktivasi.

Jika tak bisa jadi datang secara langsung ke cabang, pelanggan dapat menghubungi customer service Maybank dalam 1500611 atau +622178869811 (dari luar negeri) untuk mendapatkan panduan aktivasi rekening.

Nasabah juga dapat mengaktifkan account dormant melalui mobile banking. Bagi Nasabah Maybank yang dimaksud ingin mengaktifkan kembali tabungan dormant dapat melakukannya dengan sederhana melalui M2U ID App (mobile banking). Berikut cara yang digunakan dapat Anda ikuti:

Login ke M2U ID App

  • M2U ID App akan menampilkan dashboard account Tabungan nasabah.
  • Pilih Rekening Dormant yang ingin Anda aktifkan
  • Klik “Aktivasi”
  • Pada layar akan tampil Pop Up Notifikasi Pengkinian data Nasabah. Klik “Lakukan Sekarang” untuk melanjutkan
  • Klik opsi “Ya, Saya akan melakukan pengkinan data” dan juga pilih kategori data yang mana ingin/perlu diperbaharui
  • Lengkapi data pekerjaan Anda, kemudian klik “Lanjut”
  • Cek kembali detail informasi yang dimaksud diberikan. Apabila telah sesuai, Klik “Konfirmasi”
  • Masukkan passcode Secure2u
  • Klik “SELESAI” untuk melanjutkan rute aktivasi akun dormant
  • Rekening Anda berhasil diaktifkan

Next Article Makin Marak, Ini adalah Strategi Keuangan Digital Perangi Judol

Artikel ini disadur dari Cara Aktifkan Kembali Rekening Bank yang Diblokir PPATK