Ibukota – Kereta Cepat sekali Tanah Air China (KCIC) atau Whoosh mencatatkan total penumpang telah lama menembus 9,3 jt khalayak hingga pertengahan Mei 2025 sejak pertama dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pencapaian ini berubah menjadi kesempatan penting bagi KCIC di menjadikan Whoosh sebagai moda andalan warga untuk bepergian ke antara Jakarta-Bandung dengan cepat juga nyaman.
"Pencapaian ini bermetamorfosis menjadi bukti nyata bahwa transportasi rakyat berkualitas dan juga tepat waktu saat ini semakin diminati sebagai pilihan utama," ujar Eva di pernyataan di dalam Jakarta, Selasa.
Pada 10 Mei 2025, sebanyak 25.316 penumpang tercatat menggunakan Whoosh pada satu hari. Ini adalah merupakan hitungan tertinggi sejak Whoosh dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023.
Rekor ini melampaui catatan sebelumnya yaitu 24.350 penumpang pada 27 Januari 2025, juga 24.132 penumpang pada 5 Juli 2024.
Sebagai perbandingan, pada masa awal operasional Oktober 2023, Whoosh semata-mata mampu melayani 7.474 penumpang per hari. Sepanjang tahun 2024, puncak jumlah agregat penumpang harian tercatat ke nomor 24.132.
Saat pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2023, Whoosh semata-mata mengoperasikan 14 perjalanan per hari. Jumlah ini meningkat berubah menjadi 28 perjalanan per hari pada November 2023, setelah itu bermetamorfosis menjadi 40 perjalanan per hari pada Desember 2023.
Pada Mei 2024, kapasitas ditingkatkan berubah jadi 48 perjalanan per hari, serta akhirnya sejak 1 Februari 2025, Whoosh mengoperasikan 62 perjalanan per hari secara rutin.
Secara kumulatif, jumlah agregat penumpang Whoosh sudah pernah menembus 9,3 jt penduduk hingga pertengahan Mei 2025. Tonggak 1 jt penumpang berhasil dicapai pada Desember 2023, cuma pada waktu 2,5 bulan sejak peluncuran.
Sementara itu, pencapaian 5 jt penumpang berjalan pada September 2024.
KCIC menilai, peningkatan total penumpang secara bertahap ini didukung oleh beragam faktor, antara lain penambahan jadwal keberangkatan, perubahan ke bidang ticketing, penambahan sarana ke kereta dan juga stasiun, konektivitas melalui berubah-ubah intermoda, promo ke beraneka destinasi wisata, keselamatan serta ketepatan waktu perjalanan, juga konsentris memberikan pelayanan yang dimaksud terbaik terhadap masyarakat.
Eva menyampaikan, KCIC berikrar mempertahankan kualitas pelayanan, memperluas jangkauan, dan juga terus mengupayakan mobilitas yang digunakan efisien juga berkelanjutan ke Indonesia.
"KCIC akan terus meningkatkan kualitas layanan, meningkatkan kekuatan integrasi antarmoda, dan juga menghadirkan perjalanan yang tersebut cepat, aman, dan juga nyaman," imbuhnya.
Artikel ini disadur dari Penumpang Whoosh tembus 9,3 juta orang hingga pertengahan Mei 2025